18 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Terpilih Secara Musyawarah, Minggu Pimpin KUD Batu Lepoq


Terpilih Secara Musyawarah, Minggu Pimpin KUD Batu Lepoq
Berfoto usai Rapat Pembentukan Pengurus Baru KUD Batu Lepoq. (Foto: Imran R Sahara)

KLIKSANGATTA.COM - Koperasi Unit Desa (KUD) Batu Lepoq menggelar rapat pergantian pengurus baru periode 2018-2023 di Balai Seni dan Budaya, RT 7, Desa Batu Lepok, Kecamatan Karangan, Rabu, 10 Oktober 2018.

Pelaksanaan pergantian pengurus dilaksanakan usai pengurus lama KUD Batu Lepoq yang di Ketuai oleh Sopyan Efendi, Sekertaris M Taufiq Hidayat dan Herman Malik selaku bendahara menyatkan mengundurkan diri.

Dalam rapat tersebut, Minggu terpilih sebagai Ketua KUD Batu Lepoq, Sekertaris Irwan dan Muhammad Ali sebagai bendahara. Ahmad Tajal dan Arbain dalam kesempatan itu didaulat menjadi tim pengawas dari unit koperasi tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua terpilih KUD Batu Lepoq, Minggu mengunggkapkan kesiapannya dalam memipin koperasi, dirinya berharap dalam menjalankan roda kemimpinan yang mewadaihi sedikitnya 300 orang itu mendapat masukan dan kerjasama dari semua anggota.

"Saya siap menjadi ketua KUD Batu Lepoq dengan persetujuan dan dukungan dari para anggota," ujarnya.

Dijelaskan, dirinya tidaklah memiliki banyak pengelaman dalam memipin organisasi. Namun, dirinya berharap momentum revitalisasi tersebut dapat menghidupkan koperasi sehingga apa yang menjadi hak masyarakat yang selama ini belum didapatkan dari salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit di daerahnya dapat dinikmati bersama.

"Semoga apa yang kita harapkan dapat kita nikmati secara bersama-sama," tuturnya.

Pada kesempatan sama, Kepala BPD Hermansyah yang juga hadir dalam acara membacakan berita acara pergantian penguru KUD Batu Lepoq. Disebutkan bahwa dalam rapat ini telah hadir atau diwakili tidak kurng dari 44 anggota.

"Karena acara rapat anggota ini telah diketahui oleh para peserta rapat yang hadir, maka pimpinan rapat mengusulkan dan rapat dengan suara bulat," katanya.

Selaku pimpinan rapat, Kepala Desa Batu Lepoq Jum'ah didampingi Kepala Adat Ahmad Tanjal mengapresiasi kegiatan dan kesepakan tersebut. Dirinya menekan bahwa apa yang dilakukan itu semua untuk kepentingan masyarakat batu lepoq.

"Bagaimanapun kita bijak dan kompak apapun yang terjadi harus tetap bersatu," pungkasnya.

Diketahui, KUD Batu Lepoq merupakan organisasi koperasi yang terbentuk sekira 2015 lalu. Salah satu tujuannya yakni sebagai wadah masyarakat dalam meperjuangkan hak plasma dari salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beriprasi di daerah itu.

Selama terbentuk, para anggota KUD mengaku belum menapatkan hak atas pelasama hingga ada titik terang pasca pelimpahan kuasa pengurusan dalam meperjuangkan hak plasama tersebut atas nama peribadi Jum'ah yang juga selaku Kepala Desa Batu Lepoq. Pihak perusahan yang beroprasi sejak 2007 itu pun sepakat memberikan plasma kepada masyarakat sebanyak 1.425 hektare dengan luas HGU tidak kurang dari 5.000 hektare, hal ini tertuang dalam dalam kesepakatan berasama antara perusahaan, pemerintah daerah dan juga masyarakat.

Secara bertahap, perusahaan akan memberikan plasma kepada masyarakat sebanyak 201 hektare. Kemudian lahan lainnya menyusul termasuk persiapan bemberian plasma pada sawit yang baru ditanam sebanyak 319 hektare.

Meski demikian, saat ini pemberian atas hak plasma masyarakat Batu Lepok masih dalam proses. Pihak perusahaan diminta untuk segera merelesasikan perjanjian sebagaimana tertuang dalam kesepakatan. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0