19 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Lindungi Hak Pilih, KPU Ajak Warga Cek DPT lewat Aplikasi Smartphone


Lindungi Hak Pilih, KPU Ajak Warga Cek DPT lewat Aplikasi Smartphone
KPU Kutim mengajak mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta (STAIS) Kutai Timur mengecek status hak pilih lewat program GMHP. (Ist)

KLIKSANGATTA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Timur meluncurkan Program Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), Rabu (17/10/2018). Gerakan yang bertujuan untuk mengecek status hak pilih ini digelar serentak di 18 Kecamatan.

Lewat program ini, warga dapat memastikan sudah masuk di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Cara sistem ini bekerja pun sangat mudah, warga dapat mengecek Nomor Induk Kependudukan (NIK) melalui situs www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau download aplikasi mobile di google play dengan aplikasi kpu ri pemilu 2019.

"Jika ada warga yang belum terdaftar maka warga bersangkutan harus mengisi formulir  masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DPT atau dikenal dengan sebutan Formulir A.1.A-KPU," kata Ketua KPU Kutai Timur Fahmi Idris di sela kegiatan GMHP di Pasar Induk Sangatta Jalan Dayung, Sangatta. 

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Kaltim Saifiul menyempatkan berdialog dengan sejumlah pedagang Pasar Induk menanyakan status hak pilih mereka di Pemilu 2019. 

"Pelaksanakan GMHP oleh KPU Kutim diawasli langsung Bawaslu. Tentu memberi dampak pisitif bagi masyarakat untuk memastikan hak pilih warga terdaftar sebagai pemilih di DPT. Warga yang belum terdaftar langsung didata jadi pemilih. Kami berharap GMHP ini merupakan bentuk keseriusan KPU melindungi hak pilih warga," tegas Saiful.

Kegiatan serupa juga berlangsung di seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) didampingi Panwascam dan Pengawas Lapangan di wilayah masing-masing. Kegiatan GMHP ini berlangsung sejak 1 hingga 28 Oktober 2018. Program ini juga disosialisasikan ke beberapa sekolah tinggi di Kutim. (*)

Reporter : Sukriadi Sukri    Editor : Revo Adi Merta



Comments

comments


Komentar: 0