24 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Proyek Multiyears, Komisi C: Daripada Membebani, Sebaiknya Ditunda Dulu


Proyek Multiyears, Komisi C: Daripada Membebani, Sebaiknya Ditunda Dulu
Ketua Komisi C DPRD Kutai Timur (Kutim), Sayid Anjas. (Dok)

KLIKSANGATTA.COM - Ketua Komisi C DPRD Kutai Timur (Kutim), Sayid Anjas, meminta Peme­rintah Kabupaten Kutim untuk menunda sejumlah pekerjaan proyek multiyears akibat defisit anggaran APBD 2019.

"Keuangan daerah saat ini belum memiliki kemampuan menjanjikan," ujar Anjas, belum lama ini.

Salah satu proyek yang menjadi perhatian adalah Bandara Sangkima di Dusun Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan. Politisi Golkar ini mengatakan wacana atas pembangunan bandara yang sudah direncanakan dari tahun-tahun sebelumnya itu, sampai kini belum ada wujudnya.

"Daripada membebani APBD. Sebaiknya ditunda dulu," tegas Anjas.

Anjas menerangkan jika sebelumnya dirinya pernah melakukam peninjauan proyek multiyears di zona I dan II yang beberapa hasilnya terpantau masih berjalan lamban. Pun begitu, toleransi tetap dipahami lantaran tidak semua kontraktor memiliki kemampuan sama.

"Ada yang pendanaannya kuat, ada pula yang tidak, sementara tuntutan di kontrak tak memandang kemampuan kontraktor," jelas Anjas.

Meski demikian, pihaknya tetap akan melakukan pemantauan sekaligus memastikan tindak lanjut pekerjaan proyek yang dikerjakan namun berjalan lambat.

"Kalau lambat, tidak sesuai dengan kontrak, maka tentu PU yang harus melakukan tindakan. Sebab, biasanya, kalau lambat, maka sesuai dengan aturan, maka akan dilakukan adendum. Namun kalau sudah adendum, belum juga bisa jalan, maka bisa PU ambil tindakan melakukan black list pada perusahan terkait," pungkasnya. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0