24 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

May Day 2019, Ratusan Buruh Padati Halaman Kantor Bupati Kutim


May Day 2019, Ratusan Buruh Padati Halaman Kantor Bupati Kutim
Massa menggelar aksi di Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi, dalam peringatan May Day 2019. Sejumlah tuntutan seputar upah murah, PHK dan kesejahteraan turut disampaikan, Rabu 1 Mei 2019. (foto: Imran)

KLIKSANGATTA.COM - Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) dimanfaatkan buruh di Kutai Timur (Kutim) untuk menyampaikan aspirasi. Ratusan buruh yang tergabung dalam Forum Kimunikasi Serikat Buruh dan Pekerja (FK SB/SP) Kutim memadati halaman Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi, Selasa, 1 Mei 2019.

Mereka berorasi menyampaikan sejumlah tuntutan kepada pemerintah dan pengusaha. Dilengkapi atribut, spanduk, banner, pengeras suara hingga alat musik, masing-masing perwakilan organisasi buruh itu menyuarakan sejumlah tuntutan menyangkut perbaikan nasib buruh dengan lantang.

Ketua FK SB/SP Kutim, Protus Donatus Kia yang juga selaku Ketua Serikat Pekerja Nasional Kaltim-Kutim menyuarakan 10 tuntutan buruh dan pekerja di Kutim. Diantaranya, meminta pemerintah untuk mencabut PP 78 tahun 2015, geratiskan kesehatan bagi buruh, tegagkan hukum ketenaga kerjaan dan pengawasan, hapuskan sistem outsourching, hapuskan BHL bagi pekerja buruh perkebunan.

Selanjutnya, meminta pemerintah agar memberlakukan upah sektoral buruh perkebunan kelapa sawit, tempatkan kembali bidang pengawasan ketenagakerjaan di kabupaten, daftarkan semua pekerja sebagai peserta BPJS ketenaga kerjaan dan BPJS kesehatan, komisi IV DPRD harus melakuan fungsi dan tugasnya sebagai pengawasan.

"Dan terkhir seluruh perusahaan di Kutai Timur harus mengutamakan tenaga kerja lokal," tutur Protus.

Usai menyampaikan orasi di Halaman Kantor Bupati Kutim dan disambut Bupati Kutim Ismunandar, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Sekda Kutim Irawansyah dan Kadis Disnakertans Kutim, massa pun bergeser menuju Gedung DPRD Kutim. Di Gedung wakil rakyat itu mereka disambut oleh Wakil Ketua I DPRD Kutim Yulianus Palangiran dan Anggota DPRD Kutim Uce Prasetyo.

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0