16 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Terkena Jerat,Buaya Panjang 4,5 Meter,Berhasil Dievakuasi dari Sungai


Terkena Jerat,Buaya Panjang 4,5 Meter,Berhasil Dievakuasi dari Sungai
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) mengevakuasi buaya di sekitar sungai Nyerakat Kiri, Kelurahan Bontang Lestari, Minggu (2/6/2019) pagi. (Ist)

KLIKSANGATTA.COM - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang kembali mengevakuasi buaya di sekitar sungai Nyerakat Kiri, Kelurahan Bontang Lestari, Minggu (2/6/2019) pagi.Berdasar informasi yang dihimpun. Kehadiran buaya ini sejatinya telah lama diketahui warga. Namun tak kunjung tertangkap lantaran ketika hendak ditangkap, buaya tersebut tak muncul karena air sungai keruh. 

Kemudian pada Sabtu (1/5/2019) malam. Buaya ukuran 4,5 meter itu terlihat lagi di sungai. Namun kemudian terperangkap di patok jerat, lantaran malam itu air sungai sedang meluap.

Hingga keesokan paginya  predator berdarah dingin itu ternyata masih terperangkap di patok jerat hulu sungai Nyerakat Kiri. Tak tunggu lama, warga setempat langsung menghubungi Disdamkartan Bontang untuk melakukan evakuasi. 

Mendapat laporan itu, Tim Satria Biru -- Julukan Disdamkartan -- segera tancap gas. 10 personil yang terdiri dari tim animal rescue dikerahkan. Mereka tiba di lokasi Jalan Setya Lencana 1 RT 19 Nyerakat Kiri, Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan sekira pukul 07.30 Wita. 

Persiapan tim dan alat penyelamatan dilakukan dalam tempo singkat. Pukul 07.40 Wita tim Satria Biru sudah berada di hulu sungai untuk mengevakuasi buaya tersebut. Dengan pemahaman tim yang mapan perihal evakuasi buaya, serta didukung alat penyelamatan yang baik. Proses evakuasi berjalan baik tanpa ada kendala berarti. 

 

Persoalan utama yang dihadapi hanyalah soal panjang dan bobot buaya. Belum diketahui pasti berat buaya itu. Namun secara visual, buaya sepanjang 4,5 meter itu terlihat sangat tambun alias cukup berisi. Sebabnya untuk menariknya ke darat, tim harus dibantu beberapa warga setempat. 

 

Kadis Dipadamkan Bontang, Mohammad Yani, kembali mengingatkan warga berhati-hati. Kala beraktivitas di sekitar aliran sungai Nyerakat Kiri. Utamanya bagi anak-anak untuk tidak bermain-main di dekat aliran sungai. Sebab kabarnya, biaya ukuran dengan ukuran serupa yang dievakuasi kali ini, masih berkeliaran. 

 

"Kami dapat informasi, katanya di sekitar sungai masih ada lagi buaya. Ukurannya kurang lebih sama dengan yang dievakuasi tim hari ini (Minggu,red). Jadi kami menghimbau agar masyarakat lebih siaga saat di sekitar sungai. Usahakan agar anak-anak jauh dari aliran sungai," imbaunya. (*)

 




Comments

comments


Komentar: 0