20 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Telen dan Busang Jadi Lumbung Emas Kabupaten Kutai Utara


Telen dan Busang Jadi Lumbung Emas Kabupaten Kutai Utara

KLIKSANGATTA – Kecamatan Telen bakal menjadi lumbung emas Kutai Utara, Kabupaten yang direncanakan terbentuk tahun ini.

Camat Telen Thamrin mengungkapkan, Kecamatan yang menjadi kandidat ibukota Kabupaten Kutai Utara ini sejak lama dikenal sebagai tempat penambangan emas.

Masyarakat di dua desa di Kecamatan Telen, Muara Haloq dan Long Melah kata Thamrin, bahkan sudah mulai melakukan kegiatan penambangan emas secara tradisional.  

“Pembentukan Kutai Utara adalah harapan seluruh rakyat Kutai Utara. Keberadaan Kutai Utara diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah utara,” katanya.

Selain Telen, Kecamatan Busang juga menyimpan potensi emas. Sejumlah desa di Busang di Busang juga melakukan aktivitas penambangan emas tradisional.

Tambang emas bukan satu-satunya potensi sumber daya alam yang menjadi penggerak utama ekonomi Kutai Utara.  Batubara dan perkebunan menjadi pilihan yang tidak bisa dinafikan.

Seperti diketahui, 8 Kecamatan di Kutai Timur yang akan masuk dalam wilayah administrasi Kutai Utara antara lain, ‎Kecamatan Muara Ancalong, Long Mesangat, Busang, Kongbeng, Wahau, Telen, Batu Ampar dan Muara Bengkal.

Pembentukan Kabupaten termuda di Kaltim ini memasuki tahap akhir. DPD dan DPR RI sudah menyatakan dukungan. Karena itu, tidak ada alasan untuk tidak optimis, Kutai Utara akan terbentuk tahun ini. 

Reporter : Sukriadi    Editor : M. Nasir



Comments

comments


Komentar: 0