23 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Eksklusif Berita Rekomendasi

Elemen Mahasiswa Kutim Desak KPC Klarifikasi Kasus Dahlia


Elemen Mahasiswa Kutim Desak KPC Klarifikasi Kasus Dahlia
Perwakilan organisasi dan lembaga kampus usai rapat bersama di Sekretariat GMNI Kutim, Jalan RA Kartini, Sabtu (20/2/2016). (KLIKSANGATTA/SUKRIADI)

KLIKSANGATTA – Diskusi antar organisasi dan lembaga mahasiswa digelar untuk merespon dugaan kekerasan pada Dahlia, warga Sepaso Selatan, Bengalon, yang dilatari perselisihan lahan dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC) beberapa waktu lalu.

Bertempat di Sekretariat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kutim, Jalan RA Kartini, Sabtu 20 Februari 2016, selaku inisiator GMNI mengundang pula BEM STIPER, BEM STAIS, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kutim, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kutim.

Sebelum mengambil sikap, forum tersebut mencoba mendengarkan pandangan dari masing-masing perwakilan organisasi dan lembaga yang dihadir. Seluruh peserta forum sepakat, dengan menanggung biaya perawatan Dahlia selama di rumah sakit dianggap belum cukup selama dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan oknum petugas sekuriti KPC tidak dituntaskan.

Dalam rapat gabungan yang dihadiri sekitar 30 mahasiswa itu, dibuatlah pernyataan sikap yang ditandatangai setiap pimpinan organisasi. Berikut hasil diskusi yang dicapai Sabtu malam tadi:

  1. Mengutuk keras tindakan kekerasan yang dilakukan oleh Security terhadap Ibu Dahlia
  2. Meminta aparat hukum menindaklanjuti tindakan kekerasan yang dilakukan oleh keryawan KPC
  3. Meminta kepada KPC untuk mengklarifikasi terhadap permasalahan ini dalam jangka waktu 2x24 jam (berlaku sejak Minggu (21/2/2016)) kepada elemen gabungan mahasiswa ini
  4. Apabila pernyataan di atas tidak diindahkan maka kami selaku elemen mahasiswa akan melakukan AKSI

“Diskusi bersama organisasi dan lembaga kampus di Kutim ini menjadi titik pengawalan kami pada persoalan kekerasan terhadap masyarakat kecil oleh perusahaan-perusahaan. Ke depan, kami berharap komunikasi semacam ini terjaga sehingga mahasiswa di Kutim menjadi solid dalam menjemput isu dan menyatakan sikap,” kata Sekretaris GMNI Kutim M. Kahiruddin.

Klik juga: KPC Masih Kumpulkan Informasi Terkait Kasus Dahlia 

Adapun hadir mewakili organisasinya, Ketua GMNI Kutim Suprianto, Wakil Ketua HMI Kutim Jairin Nur Alam, Ketua PMII Kutim Suci Nastiti, Ketua BEM STIPER M.F Anshari dan Ketua BEM STAIS M. Syafi’i. (*)

Reporter : Sukriadi    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0