23 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Bambang Soesatyo: Rp 1 Miliar Untuk Satu Suara di Munas Golkar


Bambang Soesatyo: Rp 1 Miliar Untuk Satu Suara di Munas Golkar
Bambang Soesatyo

KLIKSANGATTA - Money Politic kian santer berhembus di Munas Partai Golkar, Tak main-main jika menggunakan informasi dari Bambang Soesatyo maka kemungkinan uang yang beredar berada dikisaran 282 Miliar dengan masing-masing pembagian senilai 1 Miliar Rupiah.

"Kalau soal rumor bagi-bagi uang, saya juga mendapat informasi ada caketum yang bagi-bagi uang mulai Rp 5 juta hingga 20.000 dolar AS dan menjanjikan Rp 1-2 miliar rupiah satu suara saat pemilihan nanti. Entah benar entah tidak namanya juga rumor atau informasi. Hehehe kenapa harus panik. Santai saja," .

Dikutip dari Detik.com, Isu Politik Uang terkuak setelah para Ketua DPD I Golkar se Indonesia menemui Nurdin Halid pekan lalu yang menceritakan adanya pembagian dolar Singapura dari salah satu caketum Golkar yang sempat mengunjungi Sulut.

"Pengakuannya SGD 10.000 untuk 1 DPD II. Kan rusak Partai Golkar kalau begini," kata Nurdin saat dihubungi, Kamis (18/2/2016).

Jika dirupiahkan dengan kurs SGD 1 sama dengan Rp 9.769, SGD 10 ribu sama dengan Rp 97,69 juta. Kata Nurdin uang itu baru permulaan, atau istilahnya uang surat dukungan.

Namun demikian jika jumlahnya lebih kecil, Nurdin tak mempersoalkan. Angka Rp 25 juta disebutnya sebagai uang transport yang layak.

"Kalau uang transport tidak apa-apa. Misalnya di Papua, kan jauh-jauh. Kalau Rp 25 juta tidak masalah, masih masuk logika. Kalau lebih, bukan uang transpor namanya tapi jual beli suara," ulas Nurdin.

Sekedar informasi saja ada 563 pemilik suara di Munas Golkar yang terdiri dari 519 suara DPD II, 34 suara DPD I, 8 suara ormas pendiri dan didirikan, dan 2 suara ormas sayap Golkar. Untuk memenangkan munas Golkar, setidaknya seorang caketum harus bisa meraih setengah lebih suara yang ada (dengan asumsi hanya ada dua calon ketum). Jika menggunakan informasi dari Nurdin Halid, maka caketum Golkar yang bagi-bagi dolar Singapura itu harus nyawer ke 282 pemilik suara, yang berarti SGD 2.820.000 atau sekitar Rp 27,5 miliar.

 

Reporter :     Editor : Andi Marta



Comments

comments


Komentar: 0