23 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Siap-siap, Besok Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Dibuka


Siap-siap, Besok Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Dibuka
Ilustrasi ujian tertulis SNMPTN

KLIKSANGATTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 mulai dibuka Senin, 29 Februari 2016 sampai 22 Maret 2016.

Urusan memilih program studi (prodi) saat pendaftaran tidak bisa dianggap enteng. Sebab, tepat memilih prodi memperbesar peluang lulus seleksi tanpa tes tulis itu. 

Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Trihanggono Achmad mengatakan, penilaian dalam SNMPTN 2016 berbasis rapor dan indeks sekolah.

“Selain itu, minat siswanya sendiri ingin kuliah di bidang apa,” kata Trihanggono, Sabtu, 27 Februari 2016.

Guru besar bidang clinical biochemistry di Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran Unpad itu menuturkan, saat pendaftaran nanti, siswa harus memeriksa tingkat persaingan dalam SNMPTN 2015. 

Potensi diterima semakin besar ketika siswa memilih prodi yang tepat. Yakni, prodi yang peminatnya tidak terlalu padat plus nilai rapor dan indeks sekolah asalnya tinggi.

Menurut Trihanggono, peluang diterima di prodi yang peminatnya padat bagi siswa dengan nilai rapor dan indeks sekolah tinggi sejatinya juga tetap terbuka lebar.

Sebaliknya, bagi siswa dengan nilai rapor pas-pasan dan indeks sekolah rendah, potensi lulus di prodi yang ramai peminat semakin kecil.

Trihanggono mengatakan, setiap siswa pasti ingin kuliah di kampus kelas wahid. Namun, kampus-kampus unggulan pasti menjadi seperti gula, menjadi incaran banyak pendaftar SNMPTN dari seluruh Indonesia. 

“Realistis dalam menentukan prodi dan universitas itu penting juga,” tandasnya.

Tahun lalu prodi paling tinggi peminatnya di Unpad adalah ilmu komunikasi di fakultas ilmu komunikasi (Fikom). Trihanggono mengatakan, lima tahun terakhir Fikom Unpad menjadi yang terbaik di Indonesia. 

Setelah ilmu komunikasi, prodi pendidikan kedokteran di Fakultas Kedokteran Unpad tahun lalu ramai peminat. Khusus untuk tahun ini, Trihanggono bakal menyosialisasikan kembali aturan baru di fakultas kedokteran. (*)

Reporter : Zaenul Fanani Umar    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0