20 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ratusan Hektare Kawasan Hutan Muara Wahau Terbakar


Ratusan Hektare Kawasan Hutan Muara Wahau Terbakar
Ilustrasi TNI memadamkan kebakaran hutan dan lahan

KLIKSANGATTA – Sekitar 100 hektare (ha) hutan yang masuk dalam Kawasan Budidaya Kehutanan (KBK) di Kecamatan Muara Wahau terbakar.

Kebakaran yang melanda sejak, Sabtu, 29 Februari 2016 akhirnya bisa dipadamkan setelah personel dari Komando Daerah Militer (Kodim) 0909 Sangatta turun bersama personel Detasemen Rudal Bontang dan Batalion Infanteri 611 Awang Long.

Selain itu, pemadaman kebakaran hutan dan lahan dibantu warga setempat bersama salah satu perusahaan sawit di Kecamatan Muara Wahau. Pasalnya, kebakaran hutan tersebut sudah mendekati areal perkebunan sawit di daerah itu.

Komandan Kodim (Dandim) 0909 Sangatta, Letkol (Inf) Ibnu Hudaya menjelaskan, kebakaran hutan dan lahan di Muara Wahau mulai terjadi sejak pertengahan Ferbruari 2016. Dia mengungkapkan, pada 17 Februari 2016, tercatat 16 titik kebakaran hutan dan lahan di Muara Wahau.

Bahkan hingga kemarin, masih ada satu titik api di Muara Wahau yang belum padam karena sulitnya akses untuk mencapai lokasi. Ibnu mengatakan, lokasi kebakaran itu berjarak sekitar 40 kilometer dari lokasi yang dapat diakses menggunakan jalur darat.

“Lokasinya lumayan jauh. Kemudian tidak bisa diakses lewat jalur darat. Kami hanya bisa berharap semoga hujan segera turun memadamkan kebakaran,” katanya.

Kebakaran yang melanda hutan dan lahan di Muara Wahau disinyalir sengaja dilakukan oknum yang tidak bertanggungjawab. Indikasi tersebut kata Ibnu berdasarkan pola kebakaran lahan yang seperti terpetak ke beberapa bagian.

“Ini indikasi awal, kami akan selidiki lebih dalam. Tapi kondisi areal yang terbakar seperti sengaja dibakar, karena ada sekat-sekat di antara lokasi yang terbakar,” katanya.

Ibnu mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Bukan hanya akan berujung pidana bagi pelaku pembakaran hutan, kebakaran berdampak pada polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Selain itu kata Ibnu, asap akibat kebakaran hutan dapat mengganggu kelancaran roda perekonomian daerah, bahkan Negara tetangga. (*)

Reporter : Sereal Ibrahim    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0