23 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Darurat Kekerasan Anak, Forum Anak Kutim Tagih Pembentukan KPAD


Darurat Kekerasan Anak, Forum Anak Kutim Tagih Pembentukan KPAD
Jumlah kekerasan pada anak selalu menunjukkan peningkatan. (Foto: Antara/R Rekotomo)

KLIKSANGATTA.COM – Forum Anak Kutai Timur (Kutim) menagih janji Bupati Ismunandar untuk segera membentuk Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) di Kutim.

Selain kebutuhan untuk edukasi, berdirinya lembaga tersebut juga sebagai upaya menjamin kehidupan anak dari lingkungannya.

Ketua Karang Taruna Kutim, Alim Bahri, mengatakan, Kamis, 28 Juli 2016. Usulan pembentukan KPAD sebelumnya sudah mendapat respon dari Bupati Kutai Timur. Namun, hingga hari ini KPAD yang diharapkan belum juga ada realisasi.

"KPAD Ini merupakan janji Bupati waktu kami bersama Karang Taruna Kabupaten Kutim, HMI Kutim, GMNI, Gepak, kemudian ADB. Ada 18 elemen dari pemuda, mahasiswa dan kemasyarakatan yang ikut mendorong persoalan ini," ungkap Alim.

Menurut Alim, potensi tindakan kejahatan terhadap anak sudah sangat rentan terjadi di Kutai Timur. Hal tersebut harusnya dapat disikapi secara cepat oleh instansi terkait yang dapat melibatkan semua pihak.

"Apalagi Bapak Bupati sudah mensosilisasikan soal jam belajar bagi anak. Nah ini seharusnya segera dikawal dengan baik oleh semua instansi yang ada. Tapi alangkah baiknya kalau KPAD ini segera dibentuk karena memang sangat diperlukan," katanya.

Selain itu, lanjut Alim, fenomena penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang telah mempengaruhi mental dan pendidikan pelajar saat ini. Ditambah aktifitas anak dalam penyalahgunaan tekhnologi juga berefek pada pergaulan bebas.

"Dengan KPAD, kita dapat berperan dari berbagai segi. Mulai dari pengawalan, pembelajaran dan pencegahaan. Ya Minimal kita dapat memberikan edukasi kepada anak, orangtua dan lingkungan yang dapat menjerumuskan generasi kita," jelasnya. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0