20 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Derawan, Jejak Pangeran Wiliam di Kedalaman Surga Warisan Dunia


Derawan, Jejak Pangeran Wiliam di Kedalaman Surga Warisan Dunia

Pulau-pulau Derawan harus menjadi dambaan setiap orang yang haus akan kesempurnaan surga tropis. Hangat, terisolasi bersama pantai pasir putih nan lembut. Nyiur melambai dipadu hamparan hijau dan biru lautan.

Kehidupan bawah laut tak kalah menakjubkan, mulai dari penyu raksasa, lumba-lumba, pari manta, duyung, barakuda, ubur-ubur dan kadang-kadang paus dan hiu.

Derawan memang salah satu daerah terkaya di dunia dalam keanekaragaman hayati.

Tak heran bahwa Kepulauan Derawan dianggap tujuan menyelam terbaik ketiga di dunia. Hal itu terbukti dengan pilihan lokasi penyelaman para tokoh dan selebriti yang berasal dari seantero dunia.

Bahkan, pangeran William, putera mahkota Kerajaan Inggris, memilih derawan sebagai destinasi selam. Ia takjub dengan keindahan bawah laut kepulauan derawan.

Terletak jauh dari daratan Kalimantan Timur di Kabupaten Berau, kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau, yang paling terkenal diantaranya adalah pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban.

Disini adalah tempat bersarang terbesar penyu raksasa hijau yang langka dan terancam punah dan penyu sisik di Indonesia. Anda  bisa menonton penyu bertelur di pasir atau berenang di laut bersama penyu.

Karena nilai penting lingkungan hidup, sebagian kawasan kepualauan derawan masuk dalam wilayah Konservasi laut dengan luas tidak kurang dari 1,27 juta hektare.

Anda juga dapat menemukan 460 spesies yang berbeda dari terumbu karang, jumlah spesies terumbu karang terbesar setelah Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat.

Para ahli juga menemukan lebih dari 870 spesies makhluk hidup, mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa. Dalam beberapa kesempatan, kelompok pari manta kerap berinteraksi dengan penyelam dan petugas konservasi setempat.

Sementara di Pulau Kakaban, anda dapat menemukan ubur-ubur terbesar dan paling beragam di dunia, termasuk empat spesies unik ubur-ubur salah satunya dapat berenang terbalik.

Hal ini untuk alasan ini bahwa Kakaban dipertimbangkan menjadi nominasi UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Derawan Resort menyediakan transportasi dan peralatan menyelam. Untuk akomodasi, resor ini menawarkan cottage bergaya Kalimantan yang menghadap ke laut. Ada juga akomodasi dan restoran sederhana  tersedia di Derawan dan cottage di pulau-pulau lainnya.

Kepulauan Derawan memiliki sejumlah besar spesies unik dan dilindungi, di antaranya adalah kepiting kelapa, ikan paus, lumba-lumba dan duyung.

Kepiting kelapa ditemukan di dekat pulau Kakaban dan Maratua, sementara ikan paus dan lumba-lumba di bulan tertentu dapat dilihat di sekitar Semama, Sangalaki, Kakaban dan Maratua.

Duyung berenang di sekitar Pulau Panjang dan Semama, dan pari manta yang ditemukan di sekitar Sangalaki dengan kuda laut kerdil sekitar Semama dan Derawan. Jenis yang dilindungi lainnya adalah barracuda.

Ada total 28 titik menyelam diidentifikasi di sini. Penyelam yang setiaakan memerlukan setidaknya 10 hari untuk menjelajahi semuanya.

Reporter :     Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0