20 Agustus 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Workshop Kemandirian Desa Digelar di Desa Sekerat


Workshop Kemandirian Desa Digelar di Desa Sekerat
Pelaksanaan Uji Indikator tingkat kemandirian desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Sekerat, Bengalon, Rabu (11/1/2017). (Foto: Arman)

KLIKSANGATTA.COM – Pemerintah Desa Sekerat di Kecamatan Bengalon kembali menjadi tempat pelaksanaan uji indikator tingkat kemandirian desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), beberapa waktu lalu di Desa Sekerat, Kutai Timur.

Selaku fasilitator, LSM Prima bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (dahulu Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, Red.) Kutim dan didukung oleh PT. KPC dalam kegiatan yang dipusatkan di Kantor Desa Sekerat.

Para peserta terdiri dari unsur perangkat pemerintah desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), LPMD, Lembaga Adat Desa, Karang Taruna, BUMDes, dan PKK. Tak ketinggalan kepala dusun, ketua RT, tenaga kesehatan serta kepala desa di Desa Sekerat dilibatkan pula sebagai peserta.

Setiap kelompok menerima pertanyaan menyangkut persoalan seputar desa di antaranya tata kelola pemerintahan, sosial budaya, pendidikan, kesehatan, pertanian, pariwisata, ekonomi, pemberdayaan perempuan hingga kepemudaan.

Usai sesi tanya jawab seputar bidang-bidang tersebut, fasilitator memberikan kesimpulan berdasarkan setiap jawaban dari peserta. Adapun tim fasilitator dari LSM Prima yakni Mansur , Yuni dan Darma.

Kesimpulan itu berisi rekomendasi kepada pemerintah desa maupun elemen masyarakat untuk membenahi sejumlah bidang. Rekomendasi tersebut juga akan dijadikan acuan tentang potensi sebuah desa untuk menuju Desa Mandiri.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain, dari DPMD Kutim, Muhammad Nurkholis, Muh. Erwin Taufiq, Eva Roswilidan dan Hj.Retno Wahyu Handayani. Dalam sambutannya, Nurkholis menyampaikan apresiasi kepada warga Desa Sekerat atas partisipasinya dalam kegiatan ini dan berharap ada tindak lanjut guna mewujudkan program kemandirian desa.

Sementara itu, perwakilan PT. KPC, Denny Rezki, menyampaikan dukungan kepada warga untuk mengawal program kemandirian desa. Langkah ini diperlukan sebagai kesiapan masing-masing desa menghadapi periode pasca tambang.

“Kegiatan seperti ini akan dilakukan di setiap desa se-Kecamatan  Bengalon. Hingga hari ini sudah dilakukan di dua desa yakni Desa Sepaso Barat dan hari ini Desa Sekerat,” ujar Denny Rezki Pratama selaku Superintendent Comdev BCRD PT KPC.

Kepala Desa Sekerat, Armadin, menyambut baik kegiatan ini sebagai bagian dari upaya pemerintah desa ke arah kemandirian melalui pemanfaatan sumber daya yang ada, pengembangan BUMdes dan pengelolaan sumber-sumber lainnya.

Ia berharap, Desa Sekerat tidak hanya bergantung pada sumber-sumber anggaran yang ada.” Tapi mampu mengelola potensi-potensi yang dimiliki desa dan Sekerat kedepan dapat benar-benar mandiri,” katanya. (*)

Reporter : Sukriadi    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0