23 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Louis van Gaal: Mantan Pelatih United, Barcelona dan Timnas Belanda Diambang Pensiun


Louis van Gaal: Mantan Pelatih United, Barcelona dan Timnas Belanda Diambang Pensiun

KLIKSANGATTA.COM – Mantan pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal, menyebutkan dirinya telah pensiun dari dunia kepelatihan sepakbola setelah melalui 26 tahun karirnya.

Pria 65 tahun yang mengakhiri karir kepelatihannya di Manchester United ini sempat merasakan tropi terakhirnya saat memenangkan FA Cup di bulan Mei 2016, sampai akhirnya dipecat beberapa jam setelahnya.

“Saya berpikir; mungkin saya harus berhenti, lalu saya rasa itu sebuah cuti panjang, tapi sekarang saya berpikir untuk tidak lagi kembali melatih,” kata Van Gaal mengutip dari harian Belanda De Telegraaf.

Sebelumnya, Van Gaal memulai karirnya di klub utama liga Belanda, Ajax, kemudian Barcelona, Bayern Munich dan AZ.

Siaran pensiunan dirinya itu diumumkan pada hari Senin (16/1) waktu setempat, setelah menerima penghargaan atas dedikasinya pada dunia sepakbola oleh pemerintah negeri kincir angin itu.

Van Gaal sempat menyinggung adanya faktor keluarga dalam keputusannya tersebut. Seperti dikutip De Telegraaf, kematian mendadak kematian keponakannya bulan lalu.

“Begitu banyak yang sudah terjadi dalam keluarga saya. Anda akan kembali menjadi seorang manusia lagi ketika kesadaraanmu ditekan oleh kenyataan.

Van Gaal juga disebutkan menyatakan ketidak tertarikannya untuk melanjutkan karir melatih di Asia Timur seperti sejumlah pesepakbola maupun pelatih Eropa lainnya. (*)

Reporter : Qadlie Fachruddin    Editor : Basir Daud



Comments

comments


Komentar: 0