23 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Jalan di 5 Kecamatan Kutim Rusak Parah, Perusahaan Wajib Ikut dalam Perbaikan


Jalan di 5 Kecamatan Kutim Rusak Parah, Perusahaan Wajib Ikut dalam Perbaikan
Rapat koordinasi perbaikan jalan di lima kecamatan Kutim yang mengalami kerusakan parah di Kantor Bupati, Selasa (17/1/2017). (KLIKSANGATTA/SUKRI)

KLIKSANGATTA.COM – Pemkab Kutai Timur berencana melibatkan perusahaan swasta yang beroperasi di lima kecamatan wilayah barat Kabupaten Kutim, di mana infrastruktur jalannya sangat memprihatinkan.

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Selasa 17 Januari 2017, lima kecamatan yang menjadi perhatian yakni Muara Bengkal, Muara Ancalong, Batu Ampar, Long Mesangat dan Busang.

Pertemuan yang dimulai sekira pukul 10.00 wita, dihadiri Asisten I Sekkab Kutim Mugeni, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), dan camat dari lima kecamatan tersebut dibahas sejumlah poin rencana perbaikan jalan.

Kasmidi melakukan pembagian tugas kepada camat untuk mempersiapkan pertemuan di Batu Balau pada Sabtu (21/1) mendatang. Pada pertemuan itu, setiap manajemen perusahaan diminta hadir bersama pemerintah untuk turut membantu perbaikan jalan.

Sementara itu, Dinas PU diinstruksikan untuk meninjau lokasi lebih awal agar titik-titik jalan yang mengalami kerusakan dapat didata lengkap.

"Tugas pertama saya berikan pada Dinas PU beserta jajarannya agar turun duluan untuk  menginventarisasi mana saja jalan spot dan titik-titiknya yang rusak di lima wilayah kecamatan," ujarnya.

Ia menyebutkan, pekerjaan perbaikan jalan kali ini tidak bersumber dari APBD Kutim melainkan kerja bersama antara pemerintah dan perusahaan. Dalam hal ini, lanjutnya, pemerintah menyiapkan alat sementara perusahaan diminta untuk membantu timbunan.

“Kita minta bantuan timbunan dengan alat dan bantuannya. Ya tidak ada yang berupa dana tapi semuanya berupa barang saja biar enak dipertanggung jawabkan,” jelasnya.

Dari pantauan awal, akses jalan yang akan diperbaiki merupakan jalan kabupaten dan provinsi. Namun, kata Kasmidi, upaya yang akan dilakukan adalah respon cepat pemkab untuk memperbaiki jalan yang mengalami kerusakan.

“Kasihan masyarakat, saya lihat di Facebook sampai ada yang bermalam di jalan karena jalanya rusak. Maka setelah nanti ini saya dapatkan semua nomor ponsel para manajernya, saya akan lansung menghubungi dan wajib untuk hadir pertemuan di Batu Balai nanti," pungkas Kasmidi.

Dalam paparannya berdasarkan data Dinas PU sementara, terdapat 8 titik ruas jalan yang perlu mendapat perbaikan, yaitu: Kelinjau-Senyiur, Kelinjau-Long Norah, Ngayau-Senambah-Mulupan, dan Benua Baru-Jembatan Batu Balai.

Kemudian dilanjutkan di Jembatan Batu Balai-Muara Dun, Muara Dun-Busang, Long Nah-Busang serta Mawai Indah-Batu Timbau.

Ia kembali menegaskan, peran perusahaan yang bersinggungan dengan lima kecamatan tersebut harus dipenuhi. Masing-masing perusahaan wajib memberikan kontribusi .

“Tinggal dia bagi nanti berapa jumlah retasi yang diberikan dalam setiap jalan yang rusak itu," katanya. (*)

Reporter : Sukriadi    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0