23 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kunjungi Peternakan Pasca Tambang KPC, Dirjen PKH Diarmita: Kreatif dan Sangat Menolong


Kunjungi Peternakan Pasca Tambang KPC, Dirjen PKH Diarmita: Kreatif dan Sangat Menolong
Direktur Jendral PKH, Drh. I Ketut Diarmita, M.P (dua kanan di depan) ketika mengikuti post mining tour PT KPC di areal pengembangan peternakan di Pit Jupiter, Selasa (22/2/2017). (KLIKSANGATTA/ARDAN)

KLIKSANGATTA.COM – Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementrian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia mengapresiasi program pengembangan lahan peternakan pasca tambang yang dicetuskan perusahan tambang batubara PT. Kaltim Prima Coal (KPC) di Kabupaten Kutai Timur.

Direktur Jendral PKH, Drh. I Ketut Diarmita, M.P, yang datang langsung meninjau lokasi menyatakan dukungan atas program perusahaan. Selain dirinya, turut hadir Sekretaris Nasional Dewan Peternakan Ade Zulkarnaen, Kadis Peternakan Pemprov Kaltim Dadang Sudarya bersama sejumlah stafnya.

"Dengan adanya KPC membuat peternakan ini, saya sangat mendorong. Ada anggapan orang, tambang hanya merusak hutan, padahal lahan pasca tambang bisa menjadi lahan yang sangat bermanfaat bagi orang," tutur I Ketut Diamirta di tengah kunjungannya, Rabu 22 Februari 2017.

Dalam program lahan peternakan pasca tambang yang dilakukan, menurut I Ketut Diarmita, merupakan ide bagus dan kreatif yang dilakukan pihak KPC mengingat setelah tambang ada upaya lain untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Ini upaya yang sangat bagus dan kreatif, dan pastinya sangat menolong," ucapnya.

Dalam kunjungannya siang itu, Diamirta berkesempatan melihat sejumlah lokasi peternakan binaan PT. KPC. Terdapat di antaranya, peternakan ayam petelur, peternakan sapi potong serta lokasi Pesat (Peternakan Sapi Terpadu) di Murung, Pit Jupiter.

Mewakili manajemen, GM External Affairs & Sustain. Dev PT KPC, Wawan Setiawan, dengan bangga menyambut baik kunjungan Dirjen PKH Kementan dalam turing pasca tambang (post mining tour) yang digelar kali ini.

Diharapkan dengan adanya kunjungan ini, pemerintah pusat mendapat gambaran terkait berbagai kemungkinan pengembangan lahan pasca tambang sebagai zona pemanfaatan.

"Karena orang berpikir setelah tambang berakhir dan reklamasi, tidak memberikan manfaat bagi masyarakat. Yang kita lakukan di sini bagaimana kita menciptakan kerjasama, mitra dengan masyarakat untuk bisa menciptakan pasokan bahan baku makanan pasca tambang," papar Wawan.

Ia menambahkan, PT KPC melalui program ini terus berkomitmen mendorong adanya kemandirian ekonomi masyarakat dari pembaruan sumber alam pasca tambang.

"Yang utama pasca pertambangan ini kita mendukung kemandirian ekonomi masyarakat. Kita berharap, program-program pemberdayaan ini memberi peluang dan kesempatan pemanfaatan sumber daya alam terbarukan,” katanya. (*)

Reporter : Ardhan Ahmad    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0