20 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

SDN 011 Sangatta Utara Adakan Perkemahan Akhir Pekan


SDN 011 Sangatta Utara Adakan Perkemahan Akhir Pekan
Kegiatan Perjusami di SDN 011 Sangatta Utara yang diikuti para Pramuka Penggalang dari kelas V dan VI, Jumat (5/5/2017). (KLIKSANGATTA/IMRAN)

KLIKSANGATTA.COM - Sekolah Dasar (SD) Negeri 011 Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, menggelar kegiatan Perjusami (Perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu) yang dimulai pada 5 hingga 7 Mei 2017.

Perjusami dengan Gugus Depan (Gudep) 04061 - 04062 Pangkalan Kudungga-Dewi Sartika dilangsungkan di halaman SDN 011 Sangatta Utara serta diikuti para Pramuka Penggalang dari kelas V dan VI.

Jainul Arifin, selaku Kepala Sekolah SDN 011 Sangatta Utara, mengatakan Perjusami bagi pramuka penggalang dilakukan sebagai sarana penunjang pendidikan untuk mengembangkan keperibadian anak dalam kehidupan nyata.

"Apa yang sudah didapatkan siswa dari sekolah selama ini, implementasi lapangannya adalah Perjusami ini. Kalau di kelas adalah teori-teori dan prakteknya dalam perkemahan," ujar Jainul, Jumat, 5 Mei 2017.

Menurut Jainul, kegiatan Perjusami merupakan program tahunan yang dijadwalkan oleh sekolah SD Negeri 011 setiap tahunnya. "Kegiatan Perjusami tahun 2017 ini, kita laksanakan setelah pelaksanaan triwulan ke II atau ujian semester I," katanya.

Jainul menambahkan, dalam kegiatan Perjusami banyak pelajaran yang akan didapatkan bagi setiap peserta, baik pendidikan moral maupun pendidikan mental. Melalui kegiatan tersebut, para peserta juga diharapkan dapat menciptkan kamandiriannya.

"Kita harapkan kemadirian itu, apa-apa diperaktekkan langsung tidak bergantung ke orang tua. Kita ingin meciptakan tanggung jawab anak terhadap pekerjaannya sendiri, seperti menyiapkan makanannya dan minumannya sendiri," katanya.

Kegiatan yang bertemakan "Melalui Perjusami Kita Tingkatkan Kemandirian, Kedisiplinan, Wawasan, Cinta Tanah dan Lingkungan", dipantau dan dilatih oleh sejumlah guru sekolah, wali kelas dan juga para guru pembina kepramukaan. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Basir Daud



Comments

comments


Komentar: 0