16 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Pertama di Kaltim, Kutai Timur Terbitkan Kartu Identitas Anak


Pertama di Kaltim, Kutai Timur Terbitkan Kartu Identitas Anak
Peluncuran penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) pertama di Kaltim dilakukan di Kutai Timur (KIA). (IST)

KLIKSANGATTA.COM - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur secara resmi “melaunching” Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Kutai Timur, Rabu, 10 Mei 2017, di di ruang Meranti Kantor Bupati Kutai Timur.

Kegiatan “launching” yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur Irawansyah ini ditandai dengan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada perwakilan anak di Sangatta.

“Sosialisasi dan launching yang kita laksanakan pada hari ini bernilai strategis yang merupakan langkah maju dalam pelaksanaan pelayanan publik dibidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dimana Kartu Identitas Anak (KIA) adalah wujud pemenuhan dan perlindungan hak anak sesuai konstitusi” ujar Irawansyah.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dipercaya oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai pelaksana penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) dari 50 Kabupaten/Kota se Indonesia sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor : 471.13-112 Tahun 2017. Berdasarkan peraturan Mendagri tersebut, Kabupaten Kutai Timur merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur yang melaksanakan Penerbitan KIA.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur, Januar HPLA, menjelaskan, KIA merupakan wujud pengakuan kepada anak layaknya KTP Elektronik. KIA diberikan kepada anak usia 0 – 18 Tahun yang telah memiliki akte kelahiran.

“Kami juga akan melakukan kerjasama dengan para pengusaha dan pihak perbankan untuk penggunaan KIA ini, hari ini Disdukcapil mencetak 1.600 KIA yang siap untuk dibagikan kepada anak-anak, Disdukcapil juga memiliki program untuk pengurusan akte kelahiran usia 0 – 17 Tahun langsung mendapatkan KIA” tuturnya.

Turut hadir dalam launching, perwakilan guru dan siswa sekolah yang ada di Sangatta, Kepala OPD terkait dan pejabat dilingkungan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur. (*)

Reporter : Tim Kominfo    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0