20 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas LH Kutai Timur Gencar Kampanye


Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas LH Kutai Timur Gencar Kampanye

KLIKSANGATTA.COM - Untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup tahun 2017, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Timur akan melaksanakan berbagai kegiatan dan kampanye yang berhubungan dengan lingkungan seperti lomba kebersihan kantor, menggambar poster, penanaman bibit pohon, donor darah, spanduk dan baliho publikasi kepada masyarakat tentang pengelolaan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kutim Rafiddin Rizal saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, dengan adanya tema peringatan Harling tahun ini yakni “Connecting People to Nature“ (Berhubungan Dengan Alam). Diharapkan dapat menemukan cara merasakan, menghargai hubungan antara manusia dengan alam di sekitar kita.

“Mengapa demikian karena dengan berinteraksi mengenali, menikmati keindahan alam dan kekayaan alam akan menyadarkan bahwa manusia sangat bergantung dengan kelestariaan alam dan lingkungan hidup,” jelasnya.

Lebih lanjut Rafiddin Rizal menerangkan Harling ini merupakan sebuah kampanye mengenai pelestarian dan kepeduliaan terhadap lingkungan. Dinas LH Kabupaten Kutim memiliki target untuk bisa mendapatkan penghargaan Adipura.

“Kita berharap dari target program Adipura tahun ini bisa menjadi ajang prestasi dan program-program di Dinas LH yang telah dilaksanakan oleh seluruh stakeholder baik pemerintah, pengusaha dan masyarakat,” ujarnya

Sebagai sarana promosi dan publikasi berbagai produk dan jasa di pengelolaan lingkungan, Dinas LH gencar berkampanye. "Karena tanpa kepedulian kita terhadap alam dan lingkungan ini akan berdampak kepada kita serta lingkungan sekitarnya, karena manusia tidak bisa lepas dari alam dan lingkungannya," katanya.  

Untuk diketahui pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup akan dilaksanakan apel gabungan seluruh Instansi dan stakeholder, selain itu juga dilakukan pembagian hadiah serta penghargaan dari seluruh rangkaian yang dilaksanakan Dinas LH Kabupaten Kutai Timur

Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Harling) yang diperingati setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya yang bertujuan agar semua orang selalu ingat akan pelestarian lingkungan karena untuk melestarikan lingkungan hidup tidak hanya pertanggung jawaban perorangan saja, akan tetapi tanggung jawab dari semua pihak yang hidup di bumi ini.

Di Indonesia sendiri peringatan Hari Bumi tidak begitu banyak diketahui oleh masyarakat bila dibandingkan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni. Secara prinsip tidak ada perbedaan antara Hari Bumi dan Hari Lingkungan, hanya saja sejarahnya yang berbeda.

Hari Bumi diprakarsai oleh masyarakat dan diperingati terutama oleh LSM maupun organisasi yang berorientasi kepada pelestarian lingkungan hidup, sedangkan Hari Lingkungan didasarkan dari Konferensi PBB mengenai Lingkungan hidup yang diselenggarakan pada tanggal 5 Juni 1972 di Stockholm, Swedia sehingga tanggal konferensi tersebut ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (hms11)

Reporter : Humas Pemkab Kutim    Editor : Muhammad Vijay



Comments

comments


Komentar: 0