20 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Terkendala Modal Usaha, Desa Martadinata Bangun BUMDes Simpan Pinjam


Terkendala Modal Usaha, Desa Martadinata Bangun BUMDes Simpan Pinjam
Kepala Desa Martadinata, Moeng Acil (Kliksangatta/Ardhan)

KLIKSANGATTA.COM - Demi menambah Pendapatan Asli Desa (PAD), Desa Martadinata, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Kepala Desa (Kades) Martadinata, Moeng Acil, mengatakan jika pihaknya sudah mengusulkan pembangunan kantor Bumdes, sebagai langkah awal menjalankan usaha milik desa.

“Untuk Bumdes kita rencana tempatnya dulu, lokasinya kita sudah ada, tinggal anggaranya lagi nanti,“ kata Moeng Acil

Selain fasilitas kantor Bumdes, pihaknya juga sudah melakukan banyak persiapan diantaranya pelatihan bagi para pengurus Bumdes, serta melakukan survai untuk menentukan Bumdes yang tepat sesuai kebutuhan masyarakat.

Sejumlah program Bumdes yang akan dikembangkan Desa Martadinata antara lain penyediaan air bersih, penyediaan alat pertanian, hingga koprasi simpan pinjam.

Pembentukan koperasi simpan pinjam sendiri kata Moeng Aciel, sangat penting karena banyak warga desa yang memiliki usaha kecil, dan membutuhkan modal usaha.

“Perlu ada koperasi simpan pinjam di desa, yang nantinya tidak terlalu membebankan warga jika meminjam modal usaha. Banyak yang punya usaha kecil, sering meminjam dari luar, tidak sesuai dengan pinjaman dan angsuran yang dikembalikan, maka kami berencana mendirikan koprasi simpan pinjam di sini,” terang Moeng Acil.

Dengan adanya Bumdes, Pemerintah Desa ingin mendorong Desa Martadinata lebih mandiri, sekaligus mendorong kesejahteraan masyarakat di desa, sebagaimana program Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

“Seluruh program kami diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan daya saing sumber daya manusia, demi kesejahteraan masyarakat Desa Martadinata tentunya,” tutur Moeng Acil. (*)

Reporter : Ardhan Ahmad    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0