22 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Gambar Cadas Sangkulirang Masuk Nominasi Situs Sejarah Terpopuler


Gambar Cadas Sangkulirang Masuk Nominasi Situs Sejarah Terpopuler

KLIKSANGATTA.COM - Gambar Cadas atau lukisan purba di gua karst Sangkulirang, masuk nominasi situs sejarah terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017.

Situs sejarah di kawasan karst Sangkulirang, Kutai Timur, ini akan bersaing dengan sejumlah destinasi wisata di Indonesia, yang masuk dalam kategori situs sejarah.

Seperti diketahui kawasan karst Sangkulirang memiliki ratusan gua yang menyimpan pesona keindahan alam dengan stalagit dan stagalamit, serta gambar cadas. 

Temuan tim peneliti dari Perancis tentang gua di kawasan Sangkulirang, menunjukkan lukisan dinding berupa gambar negatif tangan dan hewan.

Di beberapa gua juga ditemukan bekas tempat pembakaran, patung, peralatan, perhiasan, bahkan guci. Hampir semua gua diduga pernah ditinggali oleh peradaban manusia prasejarah.

Temuan lukisan di dinding gua di kawasan Karst Sangkulirang juga membuka fenomena baru di dunia ilmu pengetahuan tentang gua dan gambar cadas.

Penemuan gambar cadas pertama di Gua Mardua, disusul Gua Payau, Gua Liang, Gua Sara, Gua Masri, Gua Ilas Kenceng, dan Gua Tewet. 

Gambar-gambar cadas di gua Karst Sangkulirang termasuk dalam kateori terbaik di Asia Tenggara, dan diperkirakan berusia ribuan, bahkan puluhan ribu tahun. Sejumlah peneliti percaya, gambar cadas Sangkulirang, tergolong lukisan purba tertua di dunia.

Tak heran, jika kawasan karst Sangkulirang yang membentang sampai ke Mangkalihat ini diusulkan sebagai warisan dunia UNESCO dan kawasan warisan geologi (geo park). 

Selain Gambar Cadas Sangkulirang, 6 destinasi wisata di Kalimantan Timur, masuk dalam beberapa kategori nominasi API 2017.

Karena itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Syafruddin Pernyata, mengeluarkan Surat Edaran kepada Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota untuk memberikan dukungan penuh terhadap destinasi wisata yang masuk nominasi API 2017.

Dalam surat edaran itu, Syafruddin meminta Pemerintah Kabupaten/Kota untuk bersungguh-sungguh mempromosikan destinasi wisata yang masuk dalam nominasi, agar keluar sebagai pemenang, peraih penghargaan API 2017.

Pemilihan destinasi wisata terpopuler API 2017 dilakukan melalui dua cara. Yang pertama pemilihan (vote) melalui situs: www.anugerahpesonaindonesia.com. Yang kedua, melalui SMS Premium berbayar di nomor 99386.

Ingat! vote akan dimulai 1 Juni 2017 sampai 31 Oktober 2017.  

Cara memilih via internet:

  1. Buka situs www.anugerahpesonaindonesia.com, cari kanal "vote" atau langsung ke URL berikut: http://ayojalanjalan.com/vote/.
  2. Masukkan alamat imel Anda, lalu pilih Sangkulirang Art Rocks Kutai Timur dengan cara memberikan titik pada kolom: A.Sangkulirang Art Rocks.
  3. Anda akan menerima notifikasi berupa terima kasih telah memilih

Cara memilih via SMS:

  1. Ketik: API (spasi) 3A, kirim ke 99386 (sekali SMS Rp 2.200)
  2. Anda akan menerima notifikasi telah berhasil memilih
Reporter : C.Setya    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0