22 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Fokus Perijinan Tol Laut, Dishub Kutai Timur Tuntaskan Persyaratan


Fokus Perijinan Tol Laut, Dishub Kutai Timur Tuntaskan Persyaratan
Wabup Kutai Timur, Kasmidi Bulang

KLIKSANGATTA.COM - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Perhubungan serta instansi terkait lainnya terus melakukan upaya-upaya untuk segera merampungkan program pembangunan Pelabuhan Kenyamukan di Sangatta Utara. Terbaru akses menuju tempat yang mendapat trayek tol laut 8 tersebut ditargetkan beroperasi awal Januari 2018. 

Pelabuhan Kenyamukan merupakan program pemerintah pusat. Kutim menjadi satu-satunya daerah di Kaltim yang terpilih sebagai bagian dari jalur tol laut 8 ini. Dengan jalur dari Surabaya (Provinsi Jawa Timur), Makassar (Provinsi Sulawesi Selatan), Sangatta (Provinsi Kaltim) hingga Nunukan (Provinsi Kalimantan Utara). Melihat tenggat waktu yang semakin dekat, penyelesaian dilakukan sambil berjalan. 

Wakil Bupati Kasmidi Bulang sudah menugaskan tim perwakilan dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Syahbandar Sangatta, untuk fokus pada penuntasan izin operasional pusat agar segara terbit dari Kementerian Perhubungan di Jakarta. Bahkan hal itu dibahas intensif dalam rapat kordinasi minggu kedua Bulan Ramadan di Ruang Meranti Kantor Bupati kawasan Bukit Pelangi, Senin, 5 Juni 2017.

“Dari hasil rapat dengan Dishub dan Syahbadar pada Rabu (31/5) lalu disepakati Dishub dan Syahbandar akan bekerja keras meyelesaikan perizinan operasional guna Pelabuhan Kenyamukan agar bisa dioperasikan. Menjadi perhatian khusus yaitu bagaimana pelabuhan ini tidak berjalan lambat, selanjutnya lambat laun memiliki titik terang. Yaitu mengalami progress siginifikan, sembari ada lelang proyek yang ditargetkan Agustus,” kata Kasmidi.

Sedangkan untuk fokus penyelesaian, hanya Causeway dengan dermaga dengan jarak 50 meter yang harus dibenahi. Guna mengejar target tol laut agar dapat dilintasi kendaraan serta tempat bersandar kapal-kapal di Kenyamukan. Sambil pengerjaan sisi darat Pelabuhan Kenyamukan dikebut, tidak lupa anggaran perlu di alokasikan untuk pembangunan sisi keamanan lintasan Causeway.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Darat Dishub Failu mewakili Kepala Dinas Perhubungan Ikhsanuddin Syerpi dan Kabid Laut Fauzi melaporkan bahwa pihaknya dan Syahbandar rencananya malam ini (Senin 5 Juni 2017 malam), segera melakukan rapat pemantapan lanjutan penyelesaian Pelabuhan Kenyamukan. Dalam agenda kegiatan ini menitik beratkan upaya merampungkan izin ke pusat, dalam hal ini Dirjen Perhubungan, Kementerian Perhubungan RI. 

 “Melakukan kordinasi maksimal dengan syahbandar dalam pengurusan izin operasional Pelabuhan Kenyamukan sesuai arahan Wakil Bupati Kasmidi Bulang, (nanti) hasilnya segera dilaporkan,” kata Failu.

Dia menambahkan Dishub dalam hal ini kooperatif bersama Syahbandar terkait memenuhi seluruh syarat-syarat perizinan Pelabuhan Kenyamukan. (hms13)

Reporter : Humas Pemkab Kutim    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0