24 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Bakamla RI Tangkap Kapal Pengangkut Batubara Ilegal di Kalimantan Timur


Bakamla RI Tangkap Kapal Pengangkut Batubara Ilegal di Kalimantan Timur
ilustrasi kapal pengangkut batubara

KLIKSANGATTA.COM - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menangkap kapal tongkang Robby 221 di Perairan Pelabuhan Pondong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim). Penangkapan berlangsung, Kamis 27 Juli 2017.

Petugas mengamankan kapal yang ditarik dengan tug boat Bloro 1 tersebut karena membawa batubara illegal sebanyak 5.500 MT metrik ton.

Kepala Penindakan Hukum Bakamla RI, Brigadir Jenderal Polisi Frederik Kalalembang yang langsung memeriksa kapal bersama Direktur Operasi Laut Laksma TNI Rahmad Eko mengatakan, batubara itu rencananya dibawa ke Samarinda.

“Saat dilakukan pemeriksaan, kapal tersebut tidak dapat memperlihatkan dokumen aslinya kepada petugas Operasi Gabungan Nusantara Bakamla 2017 dan diduga asal batubara tersebut tidak sesuai dengan yang tertera di fotokopi dokumen yang diperlihatkan. Makanya kita tangkap,” kata Frederik dalam keterangan tertulisnya, Jumat 28 Juli 2017.

Frederik menuturkan, petugas sedang mengembangkan dan mendalami asal usul dokumen batu bara itu. Pada dokumen disebutkan batu bara itu berasal dari Koperasi Pertambangan Mupakat Taka.

Dia menyatakan, adapun pasal yang dilanggar adalah Pasal 158 UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Penangkapan, lanjut dia, dilakukan oleh Kapal Polair KP Robin XII yang dinakhodai Brigadir Satrio Utomo. Mereka tergabung dalam Operasi Gabungan Nusantara Bakamla 2017.

"Sementara kapal akan diadhock ke Dit Polairud Polda Kaltim di Balikpapan untuk diproses lebih lanjut," pungkas Frederik. (*)

Reporter : Maggie Aksan    Editor : Administrator



Comments

comments


Komentar: 0