20 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Adiwiyata, Mengajak Sekolah dalam Misi Lingkungan Hidup


Adiwiyata, Mengajak Sekolah dalam Misi Lingkungan Hidup
Kepala DLH Kaltim Riza Indra Riadi. (Foto: NR Syaian/Klik Samarinda)

KLIKSANGATTA.COM – Sekolah Adiwiyata merupakan program pemerintah pusat untuk mendorong kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang dimulai di lingkungan sekolah. Program ini mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Timur (Kaltim), Riza Indra Riadi, mengatakan sekolah-sekolah Adiwiyata tersebut membawa misi penting. Targetnya mulai siswa dari sekolah tingkat kota, tingkat provinsi, sampai tingkat nasional.

Di mana, nantinya pemenang lomba tersebut akan dinobatkan menjadi sekolah Adiwiyata yang wajib mengkampanyekan pelestarian lingkungan sekolah. Sasaran tersebut adalah sekolah-sekolah terdekat.

"Untuk memelihara lingkungan, akan lebih efektif jika siswa yang memulai. Jika yang sudah dewasa ini kadang agak sulit," ungkap Indra saat ditemui Klik Samarinda (KlikGroup) di ruangan kerjanya, Selasa 25 Juli 2017.

Selain itu, penilaian Adiwiyata sendiri didasarkan pada empat kriteria. Yakni pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, serta pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

Dijelaskan Indra, titik fokus utama dalam lomba tersebut adalah pelestarian lingkungan. Mulai dari keasrian sekolah dengan pelbagai pepohonan dan tanaman penghias, sampai ke pengelolaan sampah di sekolah.

"Selain itu, keaktifan siswa dan guru di sekolah dalam menjaga lingkungan sekolah juga menjadi penilaian. Inovasi juga menjadi nilai tambah," paparnya.

Hingga 2016 lalu, sejak program Adiwiyata dijalankan, total ada 358 sekolah di Kaltim yang berhasil mendapatkan penghargaan ini di semua tingkat Adiwiyata. Dimulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan tingkat mandiri. (*)




Comments

comments


Komentar: 0