18 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

PLN Regional Jajaki Ketersediaan Pasokan Listrik Sangatta dan Kota Lain


PLN Regional Jajaki Ketersediaan Pasokan Listrik Sangatta dan Kota Lain
Direktur Bisnis PLN Regional Kalimantan, Machnizon, berkunjung ke salah satu perusahaan pengelola gas yang ada di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara. (FOTO : IST)

KLIKSANGATTA.COM - Direktur Bisnis PLN Regional Kalimantan, Machnizon, berkunjung ke salah satu perusahaan pengelola gas yang ada di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Didampingi General Manager PLN Wilayah Kaltimra Riza Novianto Gustam dan General Manager UIP Kalbagtim Zulfikar Manggau, Machnizon mencoba menjajaki potensi gas yang dapat dimanfaatkan ke beberapa pembangkit yang menyuplai Sistem Kelistrikan Mahakam, yaitu sistem yang memasok listrik untuk Kota Balikpapan, Samarinda, Tenggarong (Kukar), Bontang, dan Sangatta.

“Gas termasuk bahan bakar yang vital untuk mengoptimalkan performa pembangkit-pembangkit PLN.  Distribusi gas yang stabil dibutuhkan untuk menambah kehandalan pasokan daya di Sistem Mahakam,” kata Machnizon, Rabu 20 September 2017.

Sebagaimana diketahui, saat ini PLTG Tanjung Batu dan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, dioperasikan dengan bahan bakar solar karena tidak adanya ketersediaan gas yang dibutuhkan pembangkit tersebut. Hal itu tentunya berpengaruh pada tingkat keoptimalan performa pembangkit.

“Selain kurang optimal kinerjanya, penggunaan solar membuat mesin pembangkit perlu mendapat perhatian yang lebih dalam hal jangka waktu pemeliharaannya,” tambahnya.

Tak hanya menjajaki potensi gas, Machnizon juga menyempatkan diri meninjau rencana jalur pipa gas yang akan dibangun sebagai media pendistribusian pasokan gas ke PLTG Tanjung Batu. Kembali ditekankan oleh Machnizon, bahwa PLN saat ini tengah mengupayakan kelancaran pasokan gas. Terlebih, saat ini PLN juga akan menambah pembangkit berkapasitas 2x100 MW yang direncanakan dapat beroperasi pada tahun 2019 nanti. (*)

Reporter : KlikBalikpapan.co    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0