15 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Rescuer Goes to School, Mengenalkan Safety Sejak Dini


Rescuer Goes to School, Mengenalkan Safety Sejak Dini
Rescuer Goes to School di SDN 011 Sangatta Utara, Jumat (10/11/2017). (Foto: Andi Asmara)

KLIKSANGATTA.COM - Rescuer Goes to School pada Indonesian Fire and Rescue Challenge (IFRC) 2017  Kutai Timur dimanfaatkan sejumlah sekolah untuk belajar. Ratusan siswa mendapat pelatihan dan teknik pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), Jumat, 10 November 2017.

Salahsatu sekolah yang mendapat kunjungan tim rescue IFRC17 yakni SDN 011 Sangatta Utara. Pihak sekolah menyambut baik dengan program IFRC17 yang kali ini PT KPC bertindak sebagai tuan rumah.

"Sangat bagus, materi yang diberikan memang sangat dibutuhkan anak sekolah bahkan para guru. Program kegiatannya selaras dengan program Adiwiyata yang sementara ini kita terapkan di Sekolah," ujar Jainul Arifin, M.Pd, Kepala SDN 011 Sangatta Utara. 

Sementara Sukriyanto, selaku Manager tim rescue PT. Jembayan Muarabara (JM) yang menjadi peserta IFRC17 mengatakan, ajang IFRC turun ke sekolah merupakan program kali pertama. Pemberian materi penanggulangan bencana dan P3K pada siswa merupakan hal yang baru dilakukan. 

"Memang berbeda dari sebelumnya, belum pernah ada yang namanya rescuer turun ke sekolah. Ini yang pertama kalinya," ujarnya. 

Dikatakan Sukriyanto, IFRC turun sekolah merupakan ide dan gagasan yang sangat bagus. Selain mendidik generasi muda untuk menghargai sesama, juga dapat memberikan pemahaman siswa terkait dengan cara kerja tim rescue. 

"Ini kan pekerjaan para pahlawan, karena menyelamatkan nyawa orang lain," katanya.

Dalam IFRC Goes to School, tim rescue PT JM memberikan 8 jenis materi dan simulasi kepada sejumlah siswa antara lain, penyulusan pentingnya sarapan pagi, safety reading atau tanda-tanda peraturan berlalu lintas, penanganan kaki terkilir, luka tangan, pingsan, penggunaan kotak P3K dan cara penggunaan APAR (alat pemadam api ringan). (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0