15 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Museum Sejarah Jakarta, Satu Lagi Tempat Wisata Jakarta yang Tak Boleh Terlupakan


Museum Sejarah Jakarta, Satu Lagi Tempat Wisata Jakarta yang Tak Boleh Terlupakan
Museum Sejarah Jakarta. (source:wikipedia.org)

Berkunjung ke ibukota tentu akan lebih menyenangkan jika kita mengetahui sejarahnya juga. Kalau kamu ingin mengetahui sejarah terbentuknya kota Jakarta ini, kamu tidak hanya bisa mengetahuinya dari sumber literatur, tetapi kamu juga dapat mengunjungi Museum Sejarah Jakarta – sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta yang mengedukasi.

Menariknya, museum ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan asing yang penasaran dengan kota Jakarta. Bukan juga hanya menarik bagi penyuka sejarah. Museum ini, selain menjadi sumber yang menyimpan koleksi peninggalan sejarah, juga menjadi lokasi atau tempat wisata di Jakarta. Banyak anak-anak dan orang dewasa yang sengaja datang ke tempat ini untuk refreshing dengan bermain sepeda ontel yang disewakan di halaman museum. Atau dengan berfoto dengan latar bangunan museum atau pemandangan di sekitar museum.

Memang, pada 1999 Museum Sejarah Jakarta telah merancang ide, untuk menjadikan museum ini lebih dari sekadar gedung untuk memamerkan peninggalan sejarah era kekuasaan Belanda saja. Tetapi gedung ini diharapkan akan mengakomodasi kebutuhan semua pengunjung. Baik anak atau dewasa, orang Indonesia atau asing, hingga penyandang cacat.

/images/img_galeri/42MUSEUM JAKARTA 1.jpg

Maka jika kamu berkunjung ke museum ini, kamu dapat memperoleh informasi dengan cara yang menyenangkan. Kamu akan menjumpai guide yang akan memberikan informasi mengenai benda-benda peninggalan yang menjadi koleksi museum.

 

Berkunjung ke Museum Fatahillah

Museum Sejarah Jakarta, atau yang juga dikenal dengan sebutan Museum Fatahillah terletak di Jl. Taman Fatahillah, Jakarta Barat. Desain bangunan museum ini sangat khas menyerupai bangunan Eropa. Tidak mengherankan, karena dahulu bangunan ini merupakan balai kota Batavia, yang dibangun pada masa pemerintahan Belanda. Bangunan ini resmi menjadi Museum Sejarah Jakarta pada 30 Maret 1974.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke museum ini, lokasi gedung ini sangat dekat dengan Stasiun Jakarta Kota dan Halte Transjakarta Kota. Dari stasiun atau halte kamu tinggal jalan kaki. Di sekitar gedung Museum Fatahillah, kamu juga akan menjumpai Museum Wayang dengan desain Eropa.

Untuk dapat masuk ke dalam museum, kamu perlu membeli tiket dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp3.000 untuk pengunjung anak-anak.

Di museum ini kamu tidak hanya dapat menyaksikan berbagai koleksi peninggalan era kolonialisme saja. Sebagai tempat wisata di Jakarta, Museum Fatahillah sering mengadakan event yang menghibur buat pengunjung, seperti mengadakan acara:

-          Wisata Kampung tua (min. 20 orang),

-          Jelajah Malam Museum (min. 20 orang),

-          Pentas Seni ala Jakarta,

-          Kunjungan ala tentara Indonesia,

-          Workshop Sketsa Gedung Tua (min. 10 orang), dan

-          Nonton Bareng Film-Film Jadul (min. 20 orang)

Tentu kamu dapat ikut event tersebut, yang akan memperkaya wawasan kamu mengenai kota Jakarta.

 

Apa Sajakah yang Dapat Kita Jumpai di Museum Sejarah Jakarta?

/images/img_galeri/37MUSEUM JAKARTA 3.jpg

Museum Sejarah Jakarta memamerkan berbagai peninggalan Belanda, seperti furnitur yang terbuat dari kayu jati. Contohnya meja, kursi, lemari dan cermin, termasuk sekat pemisah ruangan, yang juga dibuat dari kayu jati yang berat dan kuat. Ciri khas desain furnitur Belanda jaman itu, selain berat juga terdapat ukiran-ukiran yang rumit namun indah.

Kamu akan menemukan maket ilustrasi perjuangan bangsa Indonesia saat melawan Belanda. Bagaimana penduduk Batavia saat itu hanya menggunakan alat sederhana sementara Belanda sudah menggunakan senapan. Selain itu kamu juga akan menjumpai benda-benda seperti gerabah, patung, dan lukisan bangsawan Belanda pada jaman itu.

Selain sebagai tempat wisata di Jakarta, museum seperti Museum Sejarah Jakarta akan membuka mata kita tentang sejarah bangsa sendiri. Jangan sampai terlupakan, ya! Berencana untuk berkunjung ke Jakarta dalam waktu dekat? Tidak hanya Museum saja, ada banyak lagi tempat menarik lainnya. Coba lihat  halaman Traveloka ini.

Reporter : Qadlie Fachruddin    Editor : Eky Sambora



Comments

comments


Komentar: 0