15 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Siswa SLB Negeri Sangatta Antusias Jalani Perkemahan Kreasi


Siswa SLB Negeri Sangatta Antusias Jalani Perkemahan Kreasi
Para siswa SLB Negeri Sangatta bersama guru dalam Perkemahan Lomba Kreasi Ketangkasan Penggalang dan Inklusif (LKKPI) I tahun 2017 di halaman sekolah, Jumat 17 November 2017. (Foto: Imran R Sahara)

KLIKSANGATTA.COM - Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Sangatta, Kutai Timur, menggelar Perkemahan Lomba Kreasi Ketangkasan Penggalang dan Inklusif (LKKPI) I tahun 2017 di halaman sekolah, Jumat sampai dengan Minggu, 17-19 November 2017.

Acara ini digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh pada setiap tanggal 3 Desember sekaligus untuk meperkuat piala bergilir gerakan pramuka kwartir ranting Sangatta Utara.

Aristo, selaku kepala SLB Negeri Sangatta mengungkapkan, acara yang digelar dengan berbagai momen itu bertujuan untuk membuka pandangan publik secara luas terhadap kaum disabilitas.

"Selain yang pertama untuk memperkenalkan keberadaan sekolah ini secara luas juga bertujuan untuk menghilangkan pandangan-pandangan diskriminasi terhadap anak-anak disabilitas," ujarnya.

Dikatakan Aristo, pandangan diskriminasi terhadap kaum disabilatas saat masih ini sering terjadi dilingkungan masyarakat. Momen peringatan HDI yang melibatkan berbagai sekolah itu diharapkan dapat mencegah perlakuan-perlakuan diskrimiasi tersebut. 

"Sekolah yang kita undang banyak, SMPN 1 untuk ingklusi ada, SLB dan yang normal," katanya. 

Dengan adanya penggabungan sekolah dalam acara, lanjut Aristo, diharapkan kelak anak-anak SLBN dapat belajar dan lebih siap beradaptasi dengan masyarakat pada umumnya. Sebab mereka berinteraksi dan mencontoh prilaku anak normal.

"Begitu juga sebaliknya, jadi kalau ketmu diluar tidak adalagi pandangan negatif mereka terhadap anak-anak SLB. Karena mereka sudah terbiasa berbaur dalam kebersamaan," tuturnya. 

Berdasarkan pantauan, sejak pukul 14.00 wita sejumlah sekolah sudah mulai berdatangan dan memadati halaman SLBN Sangatta yang terletak di Jalan Guru Besar Sangatta Utara. Mereka masing-masing mengabil tempat untuk membangun berbagai perlengkapan seperti halnya tenda-tenda perkemahan. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0