20 Januari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Target Sabet Emas dan Perak pada Kejurnas R4 di Probolinggo


Target Sabet Emas dan Perak pada Kejurnas R4 di Probolinggo
Tim atlet putra dan putri Arung Jeram Kutim dan Ketua FAJI Kutim Irwan (tiga kiri) usai menjadi juara umum pada Pra-Porprov Kaltim 2017 di Sungai Sangatta November lalu. (Dok)

KLIKSANGATTA.COM – Meski terbilang baru dibentuk dalam cabang olahraga (cabor) ini, Kontingen Arung Jeram Kalimantan Timur (Kaltim) berniat membawa pulang medali emas dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) R4 di Sungai Pekalen, Probolinggo, Jawa Timur, 18-22 Desember mendatang.

Selaku Manajer Atlet Kaltim yang ditunjuk Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kaltim, Irwan, menargetkan empat emas dan dua perak pada kelas Junior Putra, Youth Putra dan Open Putri yang diikuti. Ketiga kelas tim itu masing-masing bermain pada empat nomor, yakni Sprint, Head to Head, Slalom dan Down River Race (DRR).

“Melihat komposisi lawan, kita peluang menyabet medali emas di kelas Junior Putra. Lalu medali perak di kelas Youth Putra dan Open Putri. Tapi mudah-mudahan kita bisa curi emas di Youth Putra,” ujarnya, Rabu 13 Desember 2017.

Target tersebut, lanjut Irwan yang juga Ketua FAJI Kutim itu, bukan capaian yang sulit jika para atlet mampu menampilkan performa terbaik dan menyerap pelatihan yang tengah dijalani saat ini di venue.

Ditambahkan pelatih Tim Arung Jeram Kaltim, Wawan Purwana, target emas berasal dari kelas Junior Putra. Sementara medali perak coba direbut pada kelas Youth Putra.

“Kelas Open Women atau Putri yang cukup berat. Kita bersaing dengan tim Jatim pemegang medali emas PON. Lalu ada tim Sumut dan NTB yang juga ikut bermain di PON dan peraih perak dan perunggu,” sebut Wawan.

Meski demikian, lanjut dia, atlet Kaltim tetap mengincar podium untuk mencuri emas usai mengamati permainan tim lawan dalam latihan yang kini telah memasuki hari ketiga (14/12).

KLIK juga: Tim Arung Jeram Kaltim Jalani TC Jelang Kejurnas R4 Probolinggo

Terpisah, Irwan menyampaikan permohonan dukungan dari publik Kutim jelang kompetisi digelar agar dapat bersaing dengan baik. “Karena sebagian atlet yang bertanding merupakan putra Kutim yang kemarin berprestasi pada Pra-Porprov Kaltim di Sangatta,” tuturnya.

Kutim patut berbangga karena atletnya diisi oleh putra daerah yang masih duduk di bangku sekolah. Sebut saja Wilhemus, Anjas Pratama, Adri Ardan dan Dika Nurganda yang bertanding pada kelas Youth Putra merupakan pelajar SMK Negeri 2 Sangatta Utara. Kemudian Dede Mulyana, pelajar Kutim yang sempat mewakili Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Arung Jeram IRF-World Rafting Championships 2017 pada Oktober lalu di Jepang.

Sementara pada kelas Junior Putra, diisi oleh atlet senior peraih emas pada even Pra-Porprov Arung Jeram November 2017 lalu di Sangatta. Dari tim putri, diperkuat oleh atlet asal Kabupaten Mahakam Ulu yang bermain apik pada kejuaraan yang sama sehingga lolos seleksi FAJI Kaltim sebagai wakil daerah.

Untuk diketahui, Tim Arung Jeram Kaltim menurunkan masing-masing satu tim pada kelas Junior Putra, Open Putri dan Youth Putra. Pada sejumlah kelas itu, tim Kaltim akan menghadapi tim dari Kalsel, NTB, Jambi, Sumur dan provinsi lainnya termasuk tuan rumah, tim Jatim. (*)

Reporter : Qadlie Fachruddin    Editor : Andi Marta



Comments

comments


Komentar: 0