19 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Mitos Kota Sangatta dalam Pentas Legenda Sang Raja Emas Habang


Mitos Kota Sangatta dalam Pentas Legenda Sang Raja Emas Habang
Para pemain teater Legenda Sang Raja Emas Habang di di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi, Senin, 16 April 2018. (Imran)

 KLIKSANGATTA.COM - Ratusan siswa PAUD, TK, SD dan SMP menghadiri pertunjukan teater Dongeng dan Film "Legenda Sang Raja Emas Habang" di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi, Senin, 16 April 2018.

Mereka tampak antusias mengikuti alur pertunjukan ditemani guru dan juga orangtuanya. Suasana pun terlihat semarak.

Apalagi, para sejumlah aktor dari cerita legenda Kota Sangatta itu juga diperankan oleh murid-murid tingkat SD. Kostum yang didesain menyerupai binatang dalam pertunjukan itu menambah gairah dan semangat mereka untuk menyaksikan.

"Senang sih, anak-anak sangat menyukainya. Cuma kalau bisa durasi ceritanya di tambah lagi," ujar Ainah, salahsatu penonton yang hadir bersama anak-anaknya.

Pertunjukan teater Dongeng dan Film "Legenda Sang Raja Emas Habang" menceritakan kisah tentang raja burung enggang yang tewas karena mepertahakan cinta kekasihnya yakni Putri Kinan dari gangguan Sang Tah  sebagai Raja Buaya dari Sangkima. Putri Kinan yang tidak sudi menikah dengan Sang Tah pun bersumpah untuk selalu setia dan tidak akan menjadi Istri Sang Tah hingga akhir hayat.

Selain alur cerita legenda asal usul Kota Sangatta, pertunjukan teater Dongeng dan Film Legenda Sang Raja Emas Habang ini juga menampilkan cerita sekelompok warga kampung yang menolak  kehadiran binatang-bintang kerap menggangu kebun-kebun mereka.

Padahal binatang yang diincar untuk mereka singkirkan itu merukpakan satwa dilindungi yang kehadiranya kini hampir punah di tanah Kalimantan. (*)

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0