20 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

KPU Kutim: Ayo Gunakan Hak Pilih Anda Hari Ini


KPU Kutim: Ayo Gunakan Hak Pilih Anda Hari Ini
Komisaris KPU Kutim Harajatang.

KLIKSANGATTA.COM -  Komisaris serta Ketua Bidang Divisi Perencanaan dan Data Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Kutai Timur, Harajatang, mengharapkan agar yang sudah terdaftar dapat menggunakan hak suaranya dan dipastikan terdaftar sebagai pemilih dan bisa gunakan hak memilih pada Pilkada Serentak hari ini, Rabu 27 Juni 2018.

"Kami berharap agar yang sudah terdaftar dapat menggunakan hak suaranya dan dipastikan terdaftar sebagai pemilih dan bisa gunakan hak memilih pada pilkada serentak di 171 daerah, termasuk pemilih di Pilgub Kaltim, "ungkapnya. 

Kemudian Harajatang meminta mengecek status pendaftaran sebagai pemilih melalui website KPU yakni https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dpt/1/nasional. Selain itu persiapkan Form C6(surat pemberitahuan memilih) atau KTP Elektronik/surat keterangan (suket) untuk dibawa saat hari pemungutan suara. 

Lebih lanjut dia mengatakan jika belum menerima Form C6 sampai H-3 pemungutan suara, warga dapat menghubungi  Panitia Pemungutan Suara atau biasa disebut (PPS) di kelurahan atau desa guna mendapatkan penjelasan. 

Ia mengingatkan, waktu pemungutan suara yang digelar serentak itu berlansung mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan 13.00 waktu setempat. Meskipun tidak memperoleh Form C6, jika nama anda terdapat di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), maka anda tetap bisa memilih dengan menunjukkan KTP Elektronik /suket kepada petugas di TPS.

"Sekali lagi jangan khawatir jika namamu tidak terdaftar di DPT, kamu masih bisa gunakan hak pilih. Caranya,datanglah ke TPS terdekat ditempat tinggalmu dan tunjukkan KTP Elektronik/suketmu kepada petugas KPPS. Kamu bisa mencoblos mulai pukul 12:00 sampai dengan 13:00 wita," jelasnya. 

Di samping itu, Harajatang juga menjelaskan tentang peraturan KPU No. 2 tahun 2017 Ketentuan pindah memilih dalam pilkada serentak 2018 hanya berlaku untuk Keadaan  tertentu meliputi; menjalankan tugas (pemerintahan) di tempat  lain pada hari Pemungutan Suara, menjalani rawat inap di rumah sakit atau puskesmas dan keluarga yang mendampingi dan penyandang disabilitas yang berada dipanti sosial/panti rehabilitasi.

Kemudian menjalani rehabilitasi narkoba, menjadi tahanan di rumah tahanan atau lembaga permasyarakatan, tugas belajar, pindah domisili maupun tertimpa bencana alam. (*)

Reporter : Sukriadi    Editor : Andi Marta



Comments

comments


Komentar: 0