19 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Breaking News Berita Rekomendasi

KPU Kutai Timur Himbau Warga Pro Aktif Terhadap DPS Pemilu 2019


KPU Kutai Timur Himbau Warga Pro Aktif Terhadap DPS Pemilu 2019

KPU KUTAI TIMUR HIMBAU WARGA PRO AKTIF TERHADAP DPS PEMILU 2019

KLIKSANGATTA.COM - Jelang Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Timur (Kutim) mengimbau masyarakat untuk aktif dan memastikan namanya terdaftar di Daftar Pemilih Sementara (DPS). Pasalnya, DPS Pemilu 2019 telah diumumkan pada masing-masing desa dan kelurahan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komisioner KPU Kutim - Divisi Perencanaan dan Data, Harajatang, S.TP, di Sekretariat KPU Kutim, Kamis, 5 Juli 2018.

"Jika ada warga yang belum terdaftar dalam DPS Pemilu, ada kesalahan dalam pencatatan komponen identitas, ganda, pindah domisili, yang sudah meninggal atau Pemilh Tidak Memenuhi Syarat (TMS) lainnya,".

"Agar memberikan masukan dan tanggapan demi menghasilkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang lebih falid sebelum nantinya ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019," ujarnya.

Dikatannya, dalam Pemilu 2019, seluruh pemangku kepentingan, khususnya Pemerintah dan Partai Politik untuk turut serta berperan aktif mengawal proses perbaikan data pemilih yang lebih falid demi kesuksesan Pemilu 2019 nanti. Selain itu, masyarakat juga harus tahu yang bisa didaftarkan dalam DPT adalah mereka yang sudah memiliki KTP elektronik.

"Berkaca pada Pilgub 2018 kemarin, ternyata masih banyak warga Kutai Timur yang belum terdaftar dalam DPT, salah satu faktor utamanya adalah kurng aktifnya masyarakat untuk mengecek namanya dalam Daftar Pemilih, baik di tahapan DPS, DPSHP dan DPT, dengan cara mendatangi sekretariat PPS di Desa/Kelurahan masing-masing, atau bisa juga mendatangi Kantor KPU Kabupaten Kutai Timur,"ujarnya.

Berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DPS menuju DPSHP dimulai seja 18 Juni hingga 8 Juli 2018,

Sementara, perbaikan DPS di tingkat PPS dan PPK akan dimulai pada 8 sampai dengan 21 Juli 2018. Sedangkan rekapitulasi dan penetapan DPSHP di tingkat KPU Kabupaten dan Kota pada dilaksanakan pada 22 Juli 2018.

Setelah DPSHP ditetapkan oleh KPU Kabupaten dan Kota, data Pemiih DPSHP akan diturunkan kepada PPS untuk diumumkan dan mendapat masukan dan tanggapan masyarakat dengan jadwal dari 23 sampai dengan 29 Juli 2018. Penyusunan dan perbikan DPSHP tingkat PPS dilakukan pada tanggal 30 Juli sampai dengan 12 Agustus 2018.

Selanjutnya, untuk rekapitulasi dan Perbaikan DPSHP tingkat PPK, akan dilaksanakan pada 13 hingga 14 Agustus 2018. Sedangkan pelaksanaan Rekap DPSHP Akhir dan Penetapan DPT tingkat KPU Kabupaten dan Kota rencanya dilaksankan 15 hingga 21 Agustus 2018. (*).

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Andi Marta



Comments

comments


Komentar: 0