19 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ekonomi Kaltim Bertumbuh di Triwulan II 2018


Ekonomi Kaltim Bertumbuh di Triwulan II 2018
Ilustrasi.

KLIKSANGATTA.COM - Perekonomian di Provinsi Kalimantan Timur pada triwulan II-2018 mengalami pertumbuhan cukup baik sebesar 1,84 persen, menggambarkan bahwa perkembangan ekonominya terjadi perbaikan.

"Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum yang sebesar 12,13 persen,"ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltim Atqo Mardiyanto di Samarinda, Senin.

Sedangkan dari sisi pengeluaran, lanjutnya, maka pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen net ekspor antardaerah yang sebesar 12,10 persen.

Peningkatan di triwulan II-2018 ketimbang triwulan yang sama tahun sebelumnya dipicu oleh pertumbuhan pada hampir seluruh kategori lapangan usaha, kecuali lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang masih mengalami kontraksi.

Pada triwulan II-2018 secara tahunan, lanjutnya, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum, diikuti lapangan usaha pengadaan listrik dan gas yang tumbuh sebesar 11,32 persen.

Kemudian lapangan usaha perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor yang mengalami pertumbuhan sebesar 9,95 persen. Sedangkan lapangan usaha pertambangan dan penggalian masih mengalami kontraksi (minus) sebesar 2,07 persen pada triwulan II-2018.

Namun, jika pertumbuhan ekonomi Kaltim triwulan II-2018 dibandingkan triwulan sebelumnya, lanjut Atqo, maka kinerja ekonominya tumbuh sebesar 0,11 persen, sedikit melambat ketimbang triwulan I-2018 yang tumbuh sebesar 0,66 persen.

Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib yang tumbuh sebesar 7,15 persen.

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi di triwulan II yang tertinggi terjadi pada komponen pengeluaran konsumsi pemerintah sebesar 46,11 persen.

Ia juga mengatakan bahwa perekonomian Kaltim semester I-2018 ketimbang semester I-2017, mengalami pertumbuhan sebesar 1,81 persen. Pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan usaha pengadaan listrik dan gas dengan pertumbuhan 11,85 persen, disusul lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum yang tumbuh sebesar 11,07 persen, reparasi mobil dan sepeda motor yang tumbuh sebesar 9,96 persen.

Sebagian besar lapangan usaha menunjukan arah pertumbuhan yang positif, khususnya pada saat musim liburan sekolah, puasa Ramadhan, dan hari raya Idul Fitri 1439 H yang secara keseluruhan mampu mengangkat laju pertumbuhan ekonomi Kaltim di semester ini.

"Dalam semester pertama hampir semua lapangan usaha menunjukkan pertumbuhan, satu-satunya lapangan usaha yang terkontraksi adalah pertambangan dan penggalian yang minus 2,09 persen,"ucap Atqo. (*)

Reporter : Antara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0