18 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Rawan Lakalantas Fatal, Road 9 Butuh Median Jalan


Rawan Lakalantas Fatal, Road 9 Butuh Median Jalan
David Rante.

KLISANGATTA.COM - Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang dialami Sumi, warga Desa Singa Gembara, Kecematan Sangatta Utara pada Kamis, (2/8) lalu, menambah daftar korban yang meregang nyawa di kawasan Road 9, Jalan Ahmad Yani dan Yos Sudarso IV.

Pasalnya, insiden kecelakaan serupa di yang menghubungkan Sangatta dan Kecamatan Bengalon itu memang kerap terjadi. Salah satu contohnya yakni korban pengendara Yamaha Jupiter MX yang bertabrakan dengan mobil Suzuki APV pada 2016 lalu.

Meski kondisi jalan di areal kawasan perkantoran milik perusahaan swasta itu tergolong mulus, namun, menjadi soroton lantaran di jalan tersebut belum memiliki median atau pemisah fisik jalur lalu lintas yang berfungsi untuk mengurangi potensi kecelakaan dari arah yang berlawanan.

Melihat permasalahan tersebut, pihak DPRD Kutai Timur (Kutim) pada Senin (6/8) lalu menghadirkan sejumlah pemangku kepentingan untuk hearing bersama. Mereka membahas bagaimana Kutim membangun median di jalan yang menjadi otoritas Pemprov Kaltim.

Meski dalam pertemuan yang dihadiri pihak Dinas Perhubungan Kutim, Polres Kutim dan managemen PT Kaltim Prima Coal (KPC) itu, sempat berlangsung alot. Namun, hasil akhir menyepakati pembangunan median jalan road 9 di laksanakan oleh pihak PT KPC.

Menaggapi hal tersebut, Ketua Badan Kehormatan DPRD Kutim Davit Rante mengatakan persoalan median jalan tersebut memang tengah menjadi perhatian. Hal ini untuk mengantisipasi jatuhnya korban serupa di jalan tersebut yang kian menjadi sorotan.

"Kita ada kesepakatan dengan KPC. Waktunya 27 Agustus ini sudah harus ada kabar, berapa anggaran yang dibutuhkan, siapa yang kerjakan dan kapan dimulaunnya," ujarnya.

Selain median jalan, penempatan rambu-rambu jalan di Road 9 dinilai juga masih kurang. Meski bukan proritas, kata David, tetap harus menjadi perhatian sebagai alat untuk mengendalikan lalu lintas, khususnya untuk meningkatkan keamanan dan kelancaran berlalu lintas.

"Kalau bisa rambu-rambunya juga dilengkapi," ujarnya. Pembangunan median jalan kita mita samapi di simpang tiga Sukarno Hatta atau simpang jalan menuju Bengalon," pungkasnya.

Reporter : Imran R Sahara    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0